Growth Mindset: Paduan Lengkap Membangun Mindset Berkembang

Jangan biarkan pikiranmu membatasi kesuksesanmu. Capai potensi maksimalmu dengan menanamkan growth mindset!

Share: 

Daftar Isi

Setiap orang ingin sukses dan meraih potensi maksimalnya. Hanya saja biasanya kita dibatasi oleh apa yang kita pikirkan. Ada orang yang cenderung merasa puas dengan dirinya sendiri dan merasa dirinya tidak akan mampu untuk mencoba hal-hal baru, ada juga yang bersemangat untuk mencoba hal-hal baru dan yakin bahwa dirinya bisa menghadapi resiko-resikonya. Perbedaan seperti ini diakibatkan oleh perbedaan cara berpikir atau mindset yang dimiliki.

Mindset adalah cara berpikir dan sikap mental seseorang dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan. Carol Dweck, seorang psikolog dari stanford university, membagi mindset menjadi dua jenis, yaitu Fixed Mindset dan Growth Mindset. Orang yang memiliki fixed mindset cenderung berpikir bahwa kemampuan mereka adalah bawaan sejak lahir, sehingga mereka merasa takut gagal dan tidak mampu untuk belajar hal-hal baru. Adapun orang yang dengan growth mindset, mereka mempercayai bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui latihan dan usaha.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang growth mindset, yaitu mindset yang akan membantumu untuk tumbuh dan mencapai kesuksesanmu. Kita akan membahas definisi growth mindset, karakteristik orang dengan growth mindset, dan manfaat yang bisa diadpatkan jika memiliki growth mindset. Selain itu, di artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara agar kamu bisa membangun growth mindset dan mengubah pola pikir negatif menjadi positif.

Pengertian Growth Mindset

Growth Mindset (Pola Pikir Berkembang) adalah suatu sikap mental yang percaya bahwa kemampuan dapat ditingkatkan melalui usaha dan latihan terus menerus. Orang dengan growth mindset percaya bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Mereka meyakini bahwa kegagalan merupakan peluang untuk belajar, dan tumbuh menjadi lebih baik. Mereka juga berpikir bahwa kesuksesan bukanlah sekedar hasil dari bakat dan keberuntungan saja, melainkan hasil dari kerja keras, dan dedikasi yang konsisten dan persisten.

Karakteristik orang dengan growth Mindset

Orang dengan growth mindset memiliki beberapa karakteristik yang membedakan mereka dari orang dengan fixed mindset. Berikut ini beberapa karakteristiknya:

Menganggap bahwa kemampuan dan kecerdasan bisa dikembangkan.

Orang dengan growth mindset yakin bahwa kemampuan dan kecerdasan bisa dikembangkan melalui usaha dan latihan terus menerus. Mereka memandang bahwa kemampuan bukanlah sesuatu yang statis atau tetap.

Tidak takut salah

Dengan memiliki pola bikir berkembang, orang dengan growth mindset memandang kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar. Mereka menyadari bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran yang bisa membantu mereka untuk terus tumbuh dan berkembang.

Berusaha terus menerus

Mereka akan berusaha terus menerus dan tidak cepat berpuas hati dengan apa yang sudah dicapai. Mereka terus mengembangkan diri ke level yang lebih baik lagi.

Tidak mudah putus asa

Putus asa sangat sulit ditemukan dalam diri orang yang memiliki growth mindset. Mereka memandang kegagalan dan kesulitan sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan diri.

Terbuka terhadap kritik

Kritik dapat membantu orang dengan growth mindset untuk meningkatkan diri dan mencapai tujuan yang lebih besar. Oleh karena itu mereka bersikap terbuka terhadap kritik dan masukan yang membangun.

Memiliki tekad dan motivasi tinggi

Orang denagn growth mindset memiliki motivasi dan tekad yang tinggi untuk mencapai tujuan mereka. Dengan mindset tumbuh, tentunya mereka selalu tertantang untuk mengembangkan potensi diri dan menantang diri dengan hal-hal baru.

Menghargai proses dibandingkan hasil

Bagi orang yang memiliki growth mindset, mereka memandang proses adalah kehidupan. Jadi, dengan berproses, mereka merasa hidup. Bagi mereka, proses lebih berharga dari hasil. Ketika mereka mencapai hasil, mereka akan memulai lagi proses yang baru.

Manfaat Memiliki Growth Mindset

Mengubah Persepsi tentang kegagalan

Dengan menerapkan growth mindset, kita akan mampu mengubah persepsi tentang kegagalan yang sebelumnya sebagai tanda kelemahan, menjadi kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Untuk bisa belajar dari kegagalan, kamu juga bisa membaca artikel tentang cara belajar dari kesalahan.

Meningkatkan motivasi dan kinerja.

Growth mindset akan membantumu lebih termotivasi dan meningkatkan performamu dalam belajar ataupun bekerja. Motivasi dan peningkatan kinerja ini muncul karena keyakinan bahwa kemampuan dan kecerdasan bisa berkembang.

Meningkatkan rasa Percaya Diri

Dengan keyakinan kuat bahwa kita bisa mengembangkan diri and menghadapi berbagai tantangan, tentunya ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita.

Meningkatkan Kekuatan Mental

Growth mindset akan membuatmu memiliki mental yang lebih kuat dan dapat menghadapi tekanan dan stres dengan lebih baik.

Mendorong untuk Berkolaborasi

Orang dengan growth mindset cenderung ingin bekerja sama denagn orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Mereka belajar dari orang lain, sekaligus juga saling membantu untuk bisa tumbuh.

Mengoptimalkan Potensi

Dengan growth mindset, kita bisa memaksimalkan potensi kita yang mungkin sebelumnya tidak bisa kita ketahui karena memiliki mindset tetap (fixed mindset).

Cara Membangun dan Menerapkan Growth Mindset

Membangun mindset berkembang tentunya perlu waktu dan usaha yang konsisten. Tetapi walau ini sulit, bukan berarti tidak bisa. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangun dan menerapkan Growth Mindset:

1. Mengenali dan Memahami Mindset kamu Saat ini

Pertama, kamu perlu mengenali dan memahami mindset kamu saat ini. Apakah kamu cenderung memiliki fixed mindset atau growth mindset? Kenali kecenderunganmu agar kamu bisa memperbaikinya.

2. Berlatih mengubah self-talk Negatif menjadi Positif

Self Talk negatif bisa menghambat kemampuanmu untuk membangun growth mindset. Self talk negatif contohnya, kamu memandang kamu tidak punya bakat lebih dari apa yang kamu bisa sekarang, kamu merasa tidak mampu belajar hal yang terasa sulit. Self talk-self talk seperti ini harus kamu ubah menjadi positif. Cari perspektif lain dan bangun citra positif atas apa yang kamu anggap negatif itu.

3. Cari tahu apa yang ingin kamu capai

Tentukan apa yang ingin kamu capai dan buatlah tujuan yang dapat diukur dan realistis. Hal ini akan membantumu untuk fokus pada perbaikaan dan pengembangan hal yang akan membawamu meraih keinginanmu.

Untuk mengetahui apa yang ingin kamu capai dalam belajar, kamu bisa membuat Personal Learning Plan.

4. Fokus pada proses, bukan hasil

Jika kamu terlalu fokus pada hasil atau tujuan akhir, kamu akan cenderung merasa tertekan dan kecewa jika hasil yang didapat tidak sesuai harapan. Adapun dengan fokus pada proses, maka kita akan memperhatikan dengan seksama penyebab utama atas hasil akhir. Kita akan belajar dari kegagalan dan keberhasilan di sepanjang prosesnya, kita juga akan memandang apspek lain terhadap keberhasilan, seperti kerja keras, ketekunan, dan keterampilan.

5. Bangun kebiasaan belajar

Kebiasaan belajar dapat membantu kita untuk terus mengembangkan diri dan berusaha untuk lebih baik setiap hari. Dengan membiasakan diri belajar teratur, kita bisa memperkuat diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Kebiasaan belajar akan memperkuat growth mindset kita.

6. Jangan takut Mencoba Hal baru

Dengan memandang kesalahan sebagai bagian dari proses pembelajaran, maka kamu tidak perlu takut untuk mencoba hal baru. Dengan mencoba untuk tidak takut untuk mencoba hal baru, artinya kamu telah menerapkan growth mindset.

7. Cari Inspirasi dari Orang Lain

Bersikaplah selalu terbuka untuk belajar dari orang lain. Lihatlah keberhasilan orang lain sebagai bukti bahwa sesuatu yang mungkin terkesan tidak mungkin dapat dicapai. Jadikan itu sebagai motivasi dan inspirasi diri. Selain itu, terimalah kritik dan saran dari orang lain. Jadikan kritik dan saran itu sebagai sarana untuk tumbuh.

Kesimpulan

Growth Mindset adalah konsep penting untuk mengembangkan potensi diri dan meraih sukses. Dengan mengembangkan growth mindset, kita akan memandang kegagalan sebagai kesempatan belajar dan tumbuh, serta memperoleh keyakinan diri yang lebih tinggi dalam menghadapi tantangan hidup.

Dalam mengembangkan growth mindset, penting untuk mengenali dan mengubah fixed mindset yang dimiliki, lalu mengubah pola pikir negatif menjadi positif, meningkatkan motivasi diri, serta belajar dari kegagalan.

Menerapkan growth mindset perlu waktu dan usaha yang konsisten, namun hal ini bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin berkembang dan sukses. Dengan memiliki growth mindset, individu akan berani untuk bertindak dan berani meniti jalan untuk meraih kesuksesan yang diinginkan.